Market

Juli 03, 2013


Di hari liburan ini gue berangkat ke sekolah. Ya, gue musti daftar ulang. Kalian tau daftar ulang kan? Iya, sampah yang diubah jadi barang baru.

Oke, itu daur ulang.



Entah sampe sekarang gue masih gak ngerti apa gunanya daftar ulang. Mungkin daftar ulang itu gunanya biar memastikan murid gak liburan. Atau mungkin daftar ulang itu gunanya buat ngubah murid lama jadi murid baru *apasih*

Pagi-pagi gue berangkat naik angkot. Entah kenapa hari ini angkot sepi banget. Ya mungkin karena lagi masa liburan jadi kurva statistik omzet dan revenue tukang angkot tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

Lumayan kesel sih harus nunggu angkot. Tapi yah, berhubung pesawat jet pribadi gue lagi diservis, jadi gue harus tungguin angkotnya.

Satu setengah jam kemudian ...

Akhirnya itu angkot nongol juga. Gue langsung buru-buru naik dengan muka sedikit kesel. Gue liat jam, jam 10. Yak, gue takut pendaftaran ulang hari ini udah ditutup.

Gue gak tau apa yang terjadi, tapi angkot yang gue tumpangin ini jalannya pelan banget. Sekitar 100 meter kemudian, itu mobil berenti.

Tukang Angkot : "Maap ya Dek ya, saya sopir angkot baru. Jadi masih agak bingung ... hehe."

Gue punya firasat buruk.

Seperempat jam kemudian, itu angkot masih diem di tempat. Si sopirnya kek yang kebingungan. Tiba-tiba dia noleh ke arah gue,

Tukang Angkot : "Saya dari Jakarta Dek ... baru hari ini saya narik angkot. Saya juga masih bingung, angkot di sini beda banget ama yang di sana tuh ... kalo disini mah jarak per-unit aja ada aturannya sekian meter. Kagak boleh saling salip."

Yeh, dia malah curhat.

Lagi asik-asik dengerin curhatan tukang angkot, tiba-tiba ada angkot lewat,

Tukang angkot 2 : "Woi! Kenapa diem aja?! Ini jarak ke unit depan terlalu jauh, jarak ke unit belakang terlalu deket! Kan sudah saya bilang, jarak per unitnya 246,78 meter! Gak boleh kurang, gak boleh lebih!"

Buset.

Akhirnya angkot yang gue tumpangin maju juga. Si Abang tukang angkot dari Jakarta itu mukanya langsung pucet. Gue curiga jangan-jangan kek begini yang namanya MOPD-nya tukang angkot.

Tiba-tiba di perempatan jalan angkotnya berenti lagi, entah kenapa. Si Abang tukang angkot itu noleh ke arah gue,

Tukang angkot : "De, ini rutenya belok kanan, belok kiri, atau lurus ya?"

*gubraakk*

Alhasil di sepanjang jalan gue harus ngediktein itu tukang angkot sampe ke terminal. Habis itu gue bayar dengan muka agak kesel. Habis itu gue langsung buru-buru jalan kaki dari terminal angkot ke sekolah. Dan untungnya, pendaftaran ulang siswa masih dibuka.

Singkat cerita gue udah selesai. Gue langsung jalan kaki pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, gue langsung nyalain laptop dan nulis cerita tentang si tukang angkot random barusan itu. Rencananya gue bakal masukin tulisan itu ke Catatan Remuk dan bakal gue permalukan dia abis-abisan.

Kira-kira baru setengah halaman gue nulis, emak gue manggil-manggil gue,

Emak gue : "Yo, anterin Ibu ke supermarket!"
Gue : "Males ah Bu, tempatnya kan gak asik, sumpek, dan ngebetein. Lagian supermarket tuh tempatnya ibu-ibu, bukan tempatnya anak laki-laki."
Emak gue : "Jadi, mau ikut ga?"
Gue : "Mau."

Gue dan emak gue langsung berangkat ke supermarket naik angkot. Dan ternyata kami lagi beruntung. Kami Cuma 5 menit nunggu, angkotnya langsung nongol. Super sekali.

Singkat cerita kami langsung naik angkot itu. Gue duduk dengan santainya. Gue liat supir angkotnya, rambutnya panjang kek rocker. Mukanya kek orang Betawi. Tunggu ... ini kayaknya ...

Tukang angkot : "Waduh, kita ketemu lagi De! Tau gitu sih tadi kagak usah turun ye ... huhahahahauhuahha"

Dia ketawa ngakak. Suer, gue udah mulai mual.

Untungnya gue gak terlalu lama naik angkot itu. Emang sih, jarak dari rumah gue ke market emang deket. Gue dan emak gue buru-buru turun dari angkot itu dan langsung masuk ke market yang dituju.

Sesampainya di dalem market, rak pertama yang dituju emak gue adalah rak pembalut. Gue ga ngerti, mungkin bagi dia pembalut itu lebih penting dari makanan.

Emak gue ngambil pembalut yang ada di rak paling bawah, yang satu paknya lebih gede dari kotak amal masjid. Alhasil keranjang belanjaan yang ada di tangan gue langsung penuh seketika. Gue agak bingung, buat apa emak gue beli pembalut sebanyak ini? Hmm.. menurut gue ada beberapa kemungkinan:

  • Jangan-jangan emak gue butuh persediaan pembalut sampe tahun depan..
  • Jangan-jangan emak gue menstruasinya 4 kali sebulan..
  • Jangan-jangan bokap gue diem-diem suka pake..

Habis itu emak gue langsung melesat ke kanan kiri market. Saking seringnya ke market mungkin dia udah apal koordinat letak barang-barang yang dia cari.

Pas lagi asik keliling-keliling market, tiba-tiba ada orang yang nyolek pundak gue. Ternyata dia cewek, badannya segede anak kelas 1 SMP lah. Entah siapa dia.

Stranger : "Ka Yoga ya?"
Gue : "Iya ... hehe"
Stranger : "Hehe ... kakak lagi ngapain di sini?"
Gue : "Ya belanja lah, masa main golf."
Stranger : "Oh, belanja apa gitu Ka?"
Gue : "Ehm ... ya ... ini ... pembalut."
Stranger : "Ya ampun, beli pembalutnya banyak banget Ka?"
Gue : "Iya, biar ada cemilan di rumah."
Stranger : "Oh.. iya deh.. hehe.."

Habis itu gue pisah ama anak cewek random itu. Dan gue langsung ngedeketin emak gue lagi.

Emak gue : "Yo, Ibu beli sampo merek ini buat kamu ya.."
Gue : "Jangan ah Bu, sejak pake sampo merek itu muka aku jadi jerawatan. Mending balik lagi pake merek sampo yang dulu aja deh."

Setelah milih-milih sampo, akhirnya gue dan emak gue beranjak ke kasir. Kasir itu orang yang nyetir delman.

Singkat cerita gue keluar dari market itu. Gue dan emak gue berdiri di trotoar nungguin angkot pulang. Tiba-tiba ada mobil berenti di depan gue. Terus jendelanya kebuka pelan-pelan ... ternyata anak cewek random yang tadi.

Stranger : "Ka Yoga mau ikut mobil Mama aku?"

Gue ngegeleng.

Stranger : "Ayo kak ga usah malu-malu. Lagian kalo naik angkot kan repot harus bawa pembalut sebanyak itu."

Dia ngomong keras banget. Saking kerasnya, tukang gorengan dan beberapa orang yang ada di deket gue langsung pada nengok ke arah gue. Suer, itu awkward moment banget.

Gue : "Enggak kok gapapa ... hehe"

Akhirnya mobil itu pergi dari hadapan gue. Belum sampe 10 detik, ada angkot nongol. Gue dan emak gue langsung naik itu angkot.

Emak gue : "Tadi itu siapa?"
Gue : "Ga tau. Anak SMP 1 kayaknya."

Tiba-tiba ada yang nyeletuk dari bangku depan mobil,

"Eh!?"

Gue nengok ke arah depan, gue liat supir dengan rambut panjang dan muka betawi lagi nengok ke arah gue..

"Waduh De, kita ketemu lagi! Huhahahaha tau gitu sih tadi kagak usah turun ye ... hahahah"

Chukup, aku sudah tak shanggup lagi.

You Might Also Like

0 komentar

Baca Tulisan Lainnya

7 Tips Mudik ala Gue, nomor 6 pasti ga kepikiran

sedih amat mas Mudik adalah pulang kampung. Iya, nenek nenek tukang main futsal juga tau. Tapi bukan itu yang mau gue angkat di tulisan...

Like me on Facebook