Jamu | Part 2

Mei 24, 2014

<== Baca dulu "Jamu | Part 1"

Gak lama kemudian, tiba-tiba ada tukang jamu lewat.

Tukang Jamu: “Mas, pesen jamu ya Mas?”

Gue: “Nggak Bu”

Tukang Jamu: “Ah, ga usah malu-malu gitu, mau jamu apa Mas?”

Tiba-tiba dia ngeracik jamu. Gue bengong.

Gue: “Engga Bu, saya gak pesen jamu.”

Tukang Jamu: “Lho, tapi kemaren ada yang pesen jamu, katanya rumahnya di sini.”

Gue: “Ya mana saya tau. Saya tamu di sini bu.”

Tukang Jamu: “Ya udahlah ga apa-apa, saya udah terlanjur nurunin bakul nih ... Mas beli jamu saya ya mas.”

Yeh.

Tukang cat barusan mendadak ngilang. Ah yaudahlah. Berhubung gue kebanyakan uang, jadi ga apa-apalah kali-kali gue beli jamu beginian.

Gue: “Emm ... ya saya beli deh. Tapi saya belum pernah beli jamu, Bu. Jamu tuh ada jamu apa aja ya?”

Tukang Jamu: “Ya ... ada banyak, ada jamu perapet, ada jamu singset ....”

Gue: “Bukan bu, yang buat cowok maksudnya.”

Tukang Jamu: “Ada jamu perapet, ada jamu singset ....”

Gue: “Bukan itu Bu -_-”

Tukang Jamu: “... ada jamu untuk stamina, ada ....”

Gue: “NAH! ITU BU!”

Tukang Jamu: “Apa? Jamu Perapet?”

Gue: “Bukan, yang terakhir ....”

Tukang Jamu: “O ... jamu buat penambah stamina? Boleh boleh ....”

Gue: “ Itu bagus buat daya tahan tubuh ya Bu? Kebeneran akhir-akhir ini saya lagi banyak ngerjain proyek jadi butuh stamina lebih ....”

Tukang Jamu: “Siapa..”

Gue: “Saya.”

Tukang Jamu: “yang nanya.”

Tukang jamu itu langsung nyampur-nyampurin air jamu kek ahli kimia gitu. Gak lama kemudian dia nyodorin jamu itu ke gue. Dan gue langsung minum jamu itu. Ternyata ... rasanya pait. Tapi itu wajar.  Iyalah, kalo ada jamu rasa keju itu baru namanya aneh.

Pas lagi minum, tiba-tiba ada motor berenti di depan gue, terus ngajak ngobrol tukang jamu itu.

Stranger: “Mbak Yu, kok ke sini sih? Kemaren kan saya bilang dari jalan itu, belok ke sana, bukan ke sini.”

Tukang Jamu: “Oalah, pantes Mas-Mas ini bingung pas liat saya.” *nunjuk-nunjuk ke arah gue*

Gue bengong.

Tukang Jamu: “Lha wong pagernya warna item ya saya kira rumahnya yang ini ....”

Stranger: “Ya udah Mbak Yu, sekarang saya tunggu di rumah ya. Inget, belok ke jalan itu, habis itu cari rumah yang pagernya item.”

Tanpa pengen nanya-nanya lebih lanjut tentang kasus ini, gue pun langsung bayar dan langsung duduk di teras rumah Si Dikha lagi. Dan gue berusaha ngelupain kebodohan barusan.

Kurang lebih 10 menit kemudian, gue ngerasa ada yang aneh. Ya, gue mendadak kebelet pipis. Kampret.

Gue langsung ngelongok ke dalem rumah barangkali ada orang yang mau berbaik hati ngasih pinjem toilet. Tapi ternyata rumahnya sepi banget. Lama kelamaan, gue pun mulai menggeliat-menggeliat di teras rumahnya Si Dikha.

Kurang lebih satu jam kemudian, datanglah seseorang. Gue kira Si Dikha, ternyata ibunya.

Ibunya Dikha: “Temennya Dikha ya? Kok kesini? Bukannya hari ini perpisahan ya?”

Gue: “Eng ... apa? Perpisahan? Emang mau pulang kampung apa ....”

Ibunya Dikha: “Tadi subuh Dikha berangkat udah rapi banget. Udah pake kemeja, pake dasi, pake jas, pake sepatu, pake jilbab, pokoknya rapi banget deh.”

Perasaan kecewa campur kebelet pipis menyatu dalam tubuh gue. Ibunya Dikha langsung ngambil hape terus nelepon Si Dikha.

Ibunya Dikha: “Nih nih, Dikha nih ....” *nyodorin hape*

Gue pun ngambil hape itu dengan keadaan kedua paha nempel satu sama lain.

(nelpon)
Gue: “Eng ... Halo?”

Dikha: “Eh kampret lu ngapain kesitu?”

Gue: “Eng ... Katanya hari ini mau syuting ....”

Dikha: “Kata siapa?”

Gue: “Emm ... Kata Si Fulki.”

Dikha: “Yeh ... lain kali konfirmasi dulu kalo mau ke rumah.”

Tiba-tiba temen-temen gue, Si Fulki ama Si Ridha, dateng.

Gue: “Emm ... Dik, ini Si Fulki ama Si Ridha udah di sini. Gimana nih?”

Dikha: “Ya udahlah syuting aja.”

Gue: “Eng ... Yaudah, wilujeng sumping Dik.”

Usai nutup telepon, gue baru nyadar kalo wilujeng sumping itu artinya selamat datang.

Gue, Fulki, dan Ridha akhirnya masuk ke dalem rumah. Gue langsung lari ke toilet, Si Ridha ama Si Fulki langsung siap-siap syuting. Setelah itu, kami pun syuting kayak biasa.

***

Kurang lebih jam 17.00, usai syuting gue berangkat ke rumah Pak Deni naik naga. Dan, gak lama, gue langsung sampe di rumahnya Pak Deni.

Gue: “Permisi ... permisi ....”

Pak Deni: “Eh ... mau ngambil lolipop ya?”

Gue: “Laptop Pak ....”

Pak Deni: “Ya itulah. Sebentar ya ....”

Dia masuk ke dalem, terus keluar lagi sambil bawa laptop gue.

Pak Deni: “Saya nggak tau ini gimana cara ngebenerinnya. Dari tadi pagi udah saya jilat-jilat tapi gak mau nyala terus. Saya saranin adek beli lempop baru aja.”

Gue: “Laptop Pak ....”

Pak Deni: “Ya itulah. Nih ... kalau adek mau beli alat beginian yang baru, saya punya tipsnya biar awet ....”

Pak Deni: “Biar casingnya gak gampang rusak, waktu pertama kali beli langsung semprotin pestisida. Nah terus, biar tahan dinyalain berjam-jam, tuangin jamu penambah stamina ke lubang-lubang yang ada di pinggir itu. Oke?”

Bubar. Udah, bubar.

You Might Also Like

0 komentar

Baca Tulisan Lainnya

7 Tips Mudik ala Gue, nomor 6 pasti ga kepikiran

sedih amat mas Mudik adalah pulang kampung. Iya, nenek nenek tukang main futsal juga tau. Tapi bukan itu yang mau gue angkat di tulisan...

Like me on Facebook