GPS

Februari 26, 2015


Catatan Remuk - Udah lama gue gak update Catatan Remuk. Harap maklum, kemaren-kemaren gue sibuk latihan silat di perpustakaan.


Karena sibuk kesana kemari, gue makin ga sempet nulis. Maka untuk mendongkrak produktivitas gue sebagai seorang penulis, gue pun beli GPS.

Gue: "Mas, saya mau beli GPS."

Tukang GPS: "Mau yang botol apa yang sachet?"

Gue: "Yang bubuk aja mas."

Akhirnya gue punya GPS. Setelah itu, gue baru sadar kalo gue gak butuh GPS.

***

Karena gue udah mulai bosen ama perpustakaan Cimahi, akhirnya gue putusin untuk bermigrasi ke perpustakaan Bandung. Tapi masalahnya, gue gak tau perpustakaan Bandung tuh dimana. Alhasil gue minta tolong ama temen gue, Mentari, buat nemenin gue jalan-jalan ke perpus Bandung. Gue pun SMS dia,

Gue: "Tari, kamu tau perpus Bandung ga?"

Mentari: "Tau kok, itu tuh deket SMK aku."

Gue: "Temenin aku ke sana yu."

Mentari: "Aduh, ga bisa. Aku ada jadwal konser di kebun binatang. Sendiri aja ga bisa gitu?"

Gue: "Aku ga tau tempatnya ...."

Mentari: "Aku kasih arahan aja deh, dari mana nih?"

Gue: "Dari terminal cicaheum."

Yap. Dari ratusan wilayah, ratusan pusat perbelanjaan, dan ratusan tempat terkenal di kota Bandung, yang gue tau cuma Terminal Cicaheum doang.

Mentari: "Dari terminal cicaheum lurus terus ke jalan ... , terus belok ke ..., terus naik angkot ... , terus jalan kaki ke jalan ... Terus terbang ke ...."

Gue stres. Gue resah. Gimana kalo ternyata Si Mentari ngebohong? Gimana kalo nanti gue salah jalan? Gimana kalo nanti Chelsea Olivia nikah sama Glenn Alinski? *masihgarela*

Tiba - tiba gue teringat tentang GPS yang pernah gue beli beberapa bulan lalu. Gue langsung nge-search lokasi perpustakaan kota Bandung. GPS gue langsung ngeluarin suara,

GPS gue: "Perpustakaan kota Bandung berada di Kota Bandung."

Ah.

Keesokan harinya, gue berangkat ke Terminal Cicaheum. Di terminal cicaheum gue langsung ngikutin petunjuk dari Si Mentari.

Pertama-tama, gue naik angkot warna ijo,

Habis itu gue naik angkot warna putih,

Setelah itu gue bingung ada di mana.

Gue: "Tar, pas naik angkot warna putih ini aku turunnya di mana?"

Gue: "Tar kok ga dibales? Ini aku takut kelewat jauh ...."

Gue: "Aku nangis nih ...."

Si Mentari bener-bener tega. Gue yakin dia di rumah lagi ketawa jahat,

Mentari: "HAHAHA ... RASAKAN JEBAKANKU YOG! AKU SUDAH TAHU BAHWA KAU SEBENARNYA ADALAH VAMPIR SETENGAH HARIMAU YANG SUKA MENGGANGGUKU DI KEBUN PISANG! RASAKAN! RASAKAN ITU!"

Gue resah.

....

Mobil angkot yang gue tumpangin tiba-tiba berenti. Ternyata itu adalah terminal akhir. Dan gue gak tau itu dimana. Tiba-tiba gue inget kalo gue bawa GPS. Gue langsung minta tolong ke GPS gue. GPS gue langsung ngeluarin suara,

GPS gue: "Perpustakaan kota Bandung berada di kota Bandung."

Terimakasih, GPS.

Gue langsung ngedeketin penjual es krim untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat,

Gue: "Pak, ini dimana ya?"

Tukang es krim: "Di Bandung."

Terimakasih, Pak.

Akhirnya  gue jalan kaki ngikutin arah awan. Iya, soalnya guru pramuka gue pernah bilang, kalo nyasar di laut, ikutin aja kemana awan bergerak. Gitu.

Gue jalan, jalan,dan jalan. Sampe akhirnya gue ada di terminal Cicaheum lagi.

Gue naik angkot ijo lagi, terus naik angkot putih lagi. Cuma bedanya, waktu naik angkot putih, gue turun di sebuah jalan yang gue juga ga tau apa namanya

Gue makin resah. Gue ambil lagi GPS gue, terus gue search lagi lokasi perpustakaan Bandung dengan lebih spesifik,

GPS gue: "Perpustakaan Bandung berada di Kota Bandung."

Ga ngefek.

Gue jalan kaki entah ke mana. Kayaknya gue harus pake jurus andalan gue setiap nyasar: insting. Yap, gue bakal pake insting gue untuk mendeteksi keberadaan perpustakaan Bandung.

6 jam kemudian ....

Kaki gue udah pegel banget. Nasib gue udah kek Oom-Oom ngenes yang keliling nusantara demi mencari batu akik rasa keju.

Gue liat di sekeliling gue ... Hotel, hotel, dan hotel. Yap, Cuma pemandangan itu yang gue liat. Ga ada tanda-tanda perpustakaan di situ.

Gue pun duduk di deket tukang koran.

Gue: "Pak, tau Perpustakaan Bandung ga?"

Tukang koran: "Perpustakaan? Emangnya Bandung punya perpustakaan ya?"

Gue makin bingung.

Tukang koran: "Mas suka baca? Kalo suka baca, langganan koran saya aja mas ... Nih, koran ini isinya bagus-bagus nih ... Coba deh baca."

Gue baca berita halaman depannya,

"Glenn Alinskie akan segera nikahi Chelsea Olivia. Proses lamaran dilakukan Glenn di atas kapal dengan sangat romantis."

Gue galau.

Gue: "Engga ah Pak, saya gak suka baca koran. Apalagi koran yang itu."

Iya, gue kecewa ternyata usaha gue buat ngedeketin Chelsea Olivia keduluan ama kakak kembar gue. Padahal sebelum Glenn Alinskie bikin rencana ngelamar di atas kapal, gue udah bikin rencana ngelamar Chelsea Olivia di atas bajaj.

Gue pun kembali jalan kaki entah ke mana. Gue jalan ... Jalan ... Jalan ... Dan akhirnya gue nyampe di Terminal Cicaheum. Lagi.

Gara-gara Chelsea Olivia, gue jadi ga semangat lagi buat jalan kaki. Dan akhirnya gue naik bus untuk pulang ke Cimahi.

Di jalan, gue menatap GPS gue dengan penuh kesedihan. Kenapa? Kenapa hari ini begitu pedih buat gue?

Gue yakin, GPS ini bawa sial. Gue pun ngeliat bagian belakang GPS itu dan nyari tau gimana cara ngeledakinnya. Gue liat, ada tombol kecil di belakang. Gue pencet dan ....

GPS: "Layanan petunjuk arah menuju perpustakaan bandung. Dari lokasi Anda saat ini, belok kanan ke selatan 1,7 km, belok kanan ke barat 548 meter, belok kiri sejauh 100 meter, di sebelah kanan jalan terdapat perpustakaan bandung. Perkiraan membutuhkan waktu 12 menit menggunakan mobil, atau 23 menit jika Anda berjalan kaki."


Di situ kadang saya merasa sedih.

You Might Also Like

0 komentar

Baca Tulisan Lainnya

7 Tips Mudik ala Gue, nomor 6 pasti ga kepikiran

sedih amat mas Mudik adalah pulang kampung. Iya, nenek nenek tukang main futsal juga tau. Tapi bukan itu yang mau gue angkat di tulisan...

Like me on Facebook