Tips agar Resolusi Tahunanmu Tercapai, Biar ga Cuma Wacana Mulu

Kamis, 17 Januari 2019

Tips agar Resolusi Tahunanmu Tercapai, Biar ga Cuma Wacana Mulu



2019 telah tiba, dan gue masih belum tau apa resolusi gue buat tahun ini. Resolusi gue taun kemaren adalah punya rumah 24 lantai di meikarta, eh gagal karena meikarta sekarang kesandung kasus korupsi. Tahun kemarinnya lagi resolusi gue adalah punya pacar lebih dari satu ... Boro boro lebih dari satu ... Ngejar satu cewe aja udah berdarah darah. Gue baru tau ternyata susah juga ya PDKT sama cewe yang udah punya suami.

Well, dari situlah maka hari ini gue browsing, belajar, menelaah, meneliti, mencerna, mengunyah (?) ilmu ilmu yang ada di internet mengenai tips supaya resolusi tahunan kita bisa tercapai. Dan wawasan gue sekarang jadi luas banget. So, di postingan kali ini gue bakal share apa aja tips tips agar resolusi tahunan kita tercapai. Ala gue dong pastinya.

1. Berkaca ke tahun kemarin


acie cieeee....

Coba kalian cek lagi catatan kalian. Apa sih resolusi kalian tahun kemarin? Terwujud gak sih? Kalo terwujud, coba analisis kenapa bisa terwujud. Kalo engga, coba analisis kenapa bisa ga terwujud. Tulis aja kek gini:

Resolusi tahun kemarin: ingin segera menikah
Terwujud?: tidak
Penyebab: Karena umur aku masih 6 tahun.

Nah, gitu doang kan simple. Dari situ kalian bisa belajar sesuatu dan bisa bikin resolusi yang lebih mungkin tercapai. Kalo udah kepikiran, kalian tinggal tulis apa resolusi kalian tahun ini di bawah tulisan tadi.

Resolusi tahun ini: Maen squishy dari januari sampe akhir tahun

2. Bikin deadline kecil kecil, jangan ngedadak lari di ujung tahun


Biar dia aja yang dadakan, kamu jangan ya.

Biasakan kalo punya tujuan atau goal, buat rincian step by step untuk bisa sampai ke goal itu. Misal nih, kalian punya resolusi untuk menikah tahun ini. Jangan kejar resolusi kalian dengan cara kek gini:

Januari: jomblo
Maret: masih jomblo
Mei: masih aja jomblo
Juli: tetep jomblo
September: panik karena masih jomblo
Desember: Nikahin siapa aja yang lewat depan rumah

Nah, daripada kalian ngejar resolusi tahunan kalian kayak begitu, gue saranin kalian mending kejar dengan cara kek gini:

Januari: jomblo
Maret: PDKT
Mei: jadian
Juli: nikah
September: berantem
Desember: cerai

Nah, kalo gini kan lebih baik.

3. Jangan terlalu imposible

"Resolusi aku tahun ini punya kumis, jenggot, sama bulu dada. Keren kan mas?"
Sebenernya yang namanya berangan angan ya bebas sih ya, kamu bisa nulis apapun yang ada di imajinasi kamu. Tapi gue saranin kalo tulis resolusi tahunan jangan yang terlalu imposible kayak pengen mindahin monas ke wakanda, pengen traveling ke dubai jalan kaki, atau pengen belajar berenang di lapang voli. Please, yang masuk akal lah kalo bikin impian.

4. Tulis di tempat yang sering dilihat

Jangan eh jangan di situ ....

Nah kalo kalian udah nentuin apa resolusi tahun ini, kalian tulislah dan taro tulisan itu di tempat tempat yang biasa kalian liat. Contohnya, lubang kloset. Udah ngaku aja, gue tau kok kalian kalo mau pup pasti dilongok dulu lubang klosetnya ... Iya kan? Bayangin kalo kalian tulis resolusi kalian di situ, setiap hari, setiap kalian mau pup, kalian selalu teringat akan resolusi tahunan kalian. Gila, keren kan ide gue?

5. Gausah bikin resolusi

iron man aja ga pernah bikin resolusi bisa kaya raya kok

Kalian mau tau cara paling instan biar tahun ini nggak gagal lagi ngejar resolusi tahunan? Ya, GAUSAH BIKIN RESOLUSI. Gue jamin kalian ga akan pernah gagal ngejar resolusi tahunan walaupun kerjaan kalian Cuma tiduran di rumah. 

Tapi jangan salahin gue kalo 10 tahun kedepan, kalian nyesek ngeliat temen-temen kalian sukses satu persatu. Mereka berprogress sejak hari ini, dan terus mencapai sesuatu yang baru setiap hari. Sedangkan kalian baru mulai bergerak ketika satu persatu dari mereka pamer mobil baru, rumah baru, posisi baru di kantor, dan keluarga kecil bahagia mereka. Dan kalian belum punya apa-apa.

Yap, ga ada yang bisa ngejamin semangat ngejar resolusi bakal terus ada dari awal sampe akhir tahun. TAPI, semangat di awal tahun doang itu lebih baik daripada lesu setiap hari sepanjang tahun. Walau impian kalian 100 dan ternyata Cuma tercapai 50, gausah putus asa. 

Pikir aja deh ... 50 is better than 0. kadang kita terlalu ngebandingin diri sendiri dengan kesuksesan orang lain, sampe akhirnya kita lupa hal kecil yang kita raih itu sebenernya hal besar yang pantas kita syukuri.

Ngomong-ngomong, apa nih resolusi kalian tahun ini? Tulis di kolom komentar yak!

1 komentar :

  1. And btw, resolusi gue selama 6 bulan kedepan adalah career. As you know, gue sekarang kuliah tingkat akhir, lagi skripsian dan gue percaya bentar lagi bakal lulus n cari kerja. Gue pengen belajar gimana caranya milih tempat kerja yang tepat buat gue, gimana cara ngadepin wawancara kerja yang bener, dan masih banyak lagi.

    Meski gitu, gue bakal tetep isi waktu luang gue dengan cara bikin video youtube, as always, dan nulis blog. Buat gue dua hal ini bukan kewajiban, tapi refreshing. Jadi apapun resolusi tahunan gue ya ... Ga bakal gue tinggalin lah selama gue enjoy ngejalaninnya.

    BalasHapus